Bukit Wairinding, Pesona Keindahan Alam Timur

Informasi Publik - 19 Sep 2021 | 10:50:46 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Bukit Wairinding, Pesona Keindahan Alam Timur
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Bukit Wairinding merupakan salah satu bukit cantik yang ada di Sumba Timur. Bukit Wairinding berada di Desa Pambotanjara, Kota Waingapu, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Jarak dari pusat kota sekitar 25 km. Dari tempat parkir, kita harus melakukan pendakian dengan jarak sekitar 500 m, karena Bukit Wairinding berada di atas ketinggian 100-200 mdpl.

Bukit-bukit yang ada di Waingapu atau Sumba memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Untuk Bukit Wairinding sendiri memiliki landscape hamparan savana yang sangat luas dan berundak-undak. Maka tak heran jika Bukit Wairinding pernah dijadikan lokasi syuting film Pendekar Tongkat Emas karya Mira Lesmana.

Jika melihat Bukit Wairinding di musim kemarau, maka kamu akan menyaksikan hamparan savana layaknya di Afrika dengan warna kuning yang lebih mendominasi. Suasana akan sangat berbeda jika dikunjungi di musim penghujan, dimana akan merasakan seperti berada di New Zealand dengan hamparan hijau yang menyejukkan.

Bukit Wairinding sendiri juga dikenal dengan nama Bukit Persahabatan, mungkin karena alamnya yang sangat tenang dan indah, merupakan lokasi yang tepat untuk mengistirahatkan jiwa dan raga barang sejenak.

#Trivia
#KarantinaPertanianKupang