Kapal Bersandar, Puluhan Kambing Asal Sumba Siap Berlayar ke Lombok

Berita - 10 Sep 2021 | 13:01:43 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Kapal Bersandar, Puluhan Kambing Asal Sumba Siap Berlayar ke Lombok
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Waingapu - (6/9) Pejabat Karantina Pertanian Kupang Wilayah Kerja Waingapu melakukan pemeriksaan terhadap kambing sebanyak 25 ekor tujuan Lombok. Pemeriksaan meliputi pemeriksaan kesehatan dan kelengkapan, kesesuaian serta keabsahan dokumen persyaratan. Rencananya komoditas ini akan diberangkatkan menggunakan transportasi laut KM Egon.

Kapal ini merupakan salah satu alat transportasi penghubung lintas provinsi yang berlayar mengelilingi sebagian pulau di Indonesia dan menjadi kapal penantian di pulau Sumba.

Penanggung Jawab Wilayah Kerja Waingapu, I Wayan Rudi mengungkapkan,  "Sudah hampir 2 bulan kapal ini tidak bersandar di Pelabuhan Waingapu karena perawatan dan adanya pemberlakuan PPKM. Pengiriman kambing ini perdana dan telah kami lakukan pemeriksaan kesehatan serta pengawasan muat sampai diatas alat angkut "

Ditempat terpisah Yulius Umbu selaku Kepala Karantina Pertanian Kupang mengungkapkan, "Kami selalu tingkatkan pengawasan di tempat pemasukan/pengeluaran untuk mencegah masuk dan keluarnya Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) maupun Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK). Saya berharap semua Pejabat Karantina yang ada di Wilayah Kerja terus meningkatkan pengawasan lalu lintas komoditas pertanian."

SobatQ pastikan untuk selalu Lapor Karantina. Bersama bersinergi melindungi negeri.

#LaporKarantina
#KarantinaPertanianKupang