Karantina Pertanian Kupang Sertifikasi SBW Tujuan Banjarmasin

Berita - 01 Sep 2021 | 11:24:53 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Karantina Pertanian Kupang Sertifikasi SBW Tujuan Banjarmasin
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Sarang Burung Walet (SBW) yang juga dikenal dengan sebutan Edibles Bird Nest merupakan program super prioritas dari kementerian pertanian selain tanaman porang. Burung walet membuat sarang dari air liurnya secara bertahap dan akan mengeras dengan sendirinya.

Menariknya, liur walet bukan sekadar air liur biasa. Liur burung walet terbuat dari protein, yang juga tinggi kandungan kalsium, zat besi, kalium, dan magnesium. Itu sebabnya banyak orang yang mengganggap bahwa sarang burung walet memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Selasa (31/08), Pejabat Karantina Pertanian Kupang melakukan pemeriksaan terhadap 6 kg SBW yang akan dikirim ke Banjamasin. "Terhadap permohonan pengiriman SBW ini kita lakukan pemeriksaan fisik, pemeriksaan kesesuaian jumlah dan pemeriksaan kemasan," ujar Vera Lobo, dokter hewan karantina yang melakukan pemeriksaan.

Beliau menambahkan bahwa dari hasil pemeriksaan SBW tersebut bersih, jumlah telah sesuai dengan permohonan dan kemasan dalam kondisi baik serta utuh sehingga dapat dilakukan seritifikasi dengan menerbitkan Sertifikat Sanitasi Produk Hewan yang artinya media pembawa atau komoditas tersebut layak untuk diberangkatkan.

SobatQ, jangan lupa untuk #laporkarantina ketika akan melalulintaskan hewan maupun tumbuhan serta produknya.

#LaporKarantina
#KarantinaPertanianKupang