Kenalkan Aplikasi Imace, Karantina Pertanian Kupang Sukseskan Kegiatan Merdeka Ekspor

Berita - 18 Agu 2021 | 14:07:37 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Kenalkan Aplikasi Imace, Karantina Pertanian Kupang Sukseskan Kegiatan Merdeka Ekspor
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Indonesian Map of Agricultural Commodities Export (Imace) merupakan salah aplikasi yang dimiliki Badan Karantina Pertanian. Aplikasi ini berisi informasi data ekspor pertanian secara real time termasuk negara tujuan, persyaratan serta tren ekspor dalam 2-3 tahun terkahir, berdasarkan sertifikasi karantina pertanian.

Aplikasi Imace juga dilengkapi peta potensi komoditas pertanian ekspor di daerah sentra, dan menjadi input dalam upaya pemberdayaan masyarakat, pada pendampingan langsung di 1.129 desa pendukung Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks).

Imace tersedia dalam 2 platform aplikasi yaitu web based dan versi android, sehingga bisa menjangkau semua lapisan pengguna dan dapat diakses dimana saja sebagai referensi pengembangan ekspor. Imace juga menyediakan data secara nyata atau real time.

Jumat (13/08) , Tim Imace Karantina Pertanian Kupang didampingi subkoordinator pengawasan dan penindakan melakukan kunjungan ke Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Belu dan Malaka dalam rangka kegiatan pelatihan aplikasi Imace tersebut.
Pelatihan dilakukan kepada admin yang telah ditunjuk oleh masing-masing instansi.

Kunjungan tersebut langsung disambut oleh Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Malaka. "Saya sangat mendukung kegiatan ini. Potensi ekspor di daerah sangat tinggi, Malaka dan Belu salah satunya. Ada Jambu mete, kemiri, kakao, pinang, dan asam untuk tanaman perkebunan. Serta sapi dan babi dari peternakan", ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Malaka, Vinsensius Kapu.

Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang komoditas pertanian ekspor (real time), negara tujuan & persyaratan ekspor, serta sebaran produksinya.
Dan sebagai Kegiatan pemberdayaan masyarakat yang berupa pendampingan dan bimbingan ekspor, serta peningkatan ragam dan tujuannya.

"Semoga tujuan untuk mendukung program tiga kali lipat ekspor komoditas pertanian dapat tercapai sehingga dapat memberikan pertumbuhan ekonomi yang baik" , ujar Yulius Umbu Hunggar selaku Kepala Karantina Pertanian Kupang.

#Gratieks
#KarantinaPertanianKupang