KM Egon, Si Pelintas Lima Pelabuhan di Dua Zona Waktu

Berita - 22 Jul 2021 | 13:38:48 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


KM Egon, Si Pelintas Lima Pelabuhan di Dua Zona Waktu
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Salah satu armada PT Pelayaran Nasional Indonesia yang melayani masyarakat Indonesia untuk kelancaran transportasi di laut adalah Kapal KM. Egon. Kapal buatan Jerman tahun 1991 dengan panjang 94,30 meter dan lebar 16 meter merupakan salah satu alat angkut media pembawa karantina yang melintasi berbagai pulau.

Sekali jalan, kapal ini mampu mengangkut hingga 1.000 penumpang dan 30 kendaraan besar. Setiap minggunya ia pasti melewati dan singgah di pelabuhan yang ada di Indonesia Timur dan Indonesia Barat yaitu pelabuhan Ampenan (Lembar), Waingapu, Surabaya, Batulicin, Pare-Pare, Bontang, Bitung dan Balikpapan.

Kapal ini merupakan salah satu alat angkut utama dalam melalulintaskan barang dan memehuni kebutuhan logistik di Pulau Sumba melalui Pelabuhan Waingapu. Karantina Pertanian Wilker Pelabuhan Laut Waingapu secara rutin melakukan pemeriksaan bersama instansi terkait terhadap kendaraan yang akan keluar ataupun masuk melalui Kapal Egon.

"Setiap alat angkut di pintu pemasukan atau pengeluaran selalu kami periksa dan apabila membawa komoditi pertanian, kami berikan berbagai Tindakan Karantina yang diperlukan," ungkap Yulius Umbu selaku Kepala Karantina Pertanian Kupang.

SobatQ, pastikan selalu lapor karantina agar katong dapat menjaga Negeri Indonesia tercinta dari ancaman HPHK dan OPTK.

#LaporKarantina
#KarantinaPertanianKupang