Lagi, Karantina Pertanian Kupang Amankan Produk Luar Negeri Tanpa Dokumen di Batas Negara

Berita - 11 Sep 2021 | 10:18:56 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Lagi, Karantina Pertanian Kupang Amankan Produk Luar Negeri Tanpa Dokumen di Batas Negara
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

SobatQ, sudahkah kalian tahu apa saja tindakan karantina pertanian?

Berdasarkan UU No.21 tahun 2019, tindakan karantina pertanian meliputi 8P salah satunya yaitu penahanan.

Pejabat Karantina Pertanian Kupang di Wilayah Kerja Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain melakukan tindakan penahanan terhadap sosis ayam asal Brasil sebanyak 10 kilogram dan sosis babi asal Portugal sebanyak 2 kaleng dikarenakan tidak dilengkapi dengan dokumen persyaratan dari negara asal yaitu Republik Demokrasi Timor Leste (RDTL).

Penahanan tersebut dilakukan pada saat pejabat karantina melaksanakan pengawasan terhadap barang bawaan pelintas bersama instansi terkait di terminal kedatangan PLBN Motaain pada Rabu pagi (8/9).

"Dalam rangka menjalankan amanah UU No. 21 Tahun 2019, yaitu salah satunya mencegah masuknya Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) ke Indonesia, kami tertibkan barang bawaan pelintas baik WNI maupun WNA agar sesuai dengan prosedur perkarantinaan", ungkap Nina Liban selaku dokter hewan karantina sekaligua penanggungjawab wilayah kerja PLBN Motaain.

Setelah dilakukan sosialisasi singkat tentang peraturan perkarantinaan khususnya pemasukan komoditas pertanian baik hewan maupun tumbuhan dari luar negeri ke Indonesia, pelintas yang melanggar bersedia bekerja sama dan mematuhi peraturan yang berlaku. Selanjutnya yang bersangkutan menandatangani dokumen karantina hewan yaitu berita acara penahanan (KH-8b).

Kepala Karantina Pertanian Kupang, Yulius Umbu Hunggar menyampaikan, "Banyak atau sedikit jumlah hewan, produk hewan atau tumbuhan beserta produk turunan yang dibawa, apabila tidak memenuhi persyaratan karantina pertanian, tetap kami tindak tegas sesuai dengan peraturan yang berlaku."

#PatuhKarantina
#KarantinaPertanianKupang