Benih Jagung Asal Surabaya Siap Penuhi Lahan Pulau Sumba

Berita - 16 Sep 2021 | 14:19:27 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Benih Jagung Asal Surabaya Siap Penuhi Lahan Pulau Sumba
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Salah satu pintu utama pemasukan/pengeluaran di pulau Sumba adalah Pelabuhan Nusantara Waingapu. Bagi masyarakat sekitar pelabuhan ini dinilai sangat membantu memperlancar urusan logistik, tidak terkecuali melalulintaskan media pembawa karantina.

Waingapu (9/9) puluhan ribu kilogram benih jagung asal Surabaya diperiksa oleh Pejabat Karantina Pertanian Kupang Wilayah Kerja Pelabuhan Laut Waingapu. Pemeriksaan kelengkapan dokumen dan kondisi fisik dilakukan untuk mengetahuai kebenaran isi dari Surat Kesehatan Tumbuhan Antar Area (KT12) daerah asal.

Benih jagung ini rencananya akan didistribusikan dan ditanam para kelompok tani yang membutuhkan. Adanya benih jagung ini akan sangat membantu untuk memaksimalkan potensi lahan serta meningkatkan perekonomian masyarakat.

Wayan Rudi selaku Penanggung Jawab Wilker Waingapu mengungkapkan berdasarkan data jumlah media pembawa yang tertera di Iqfast, lalulintas media pembawa di Pelabuhan Nusantara ini cukup ramai.

Ditempat terpisah Yulius Umbu menyampaikan, "Media Pembawa yang memiliki resiko tinggi (High Risk) harus melalui pemeriksaan secara laboraturium agar terbebas dari Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina."

SobatQ, mari jaga bersama daerah kita dari ancaman nyata OPTK dengan acara lapor karantina.

#LaporKarantina
#KarantinaPertanianKupang