Giat Ekspor, Karantina Pertanian Kupang Pastikan Ribuan Batang Bunga Potong Sehat

Berita - 27 Agu 2021 | 13:49:38 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Giat Ekspor, Karantina Pertanian Kupang Pastikan Ribuan Batang Bunga Potong Sehat
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Motaain (25/8) - Pejabat Karantina Pertanian Kupang lakukan tindakan karantina berupa pemeriksaan fisik terhadap 1.140 batang bunga potong segar yang akan diekspor ke Republik Demokrasi Timor Leste (RDTL) di kargo keberangkatan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain pada Rabu pagi.

Terdapat beberapa jenis bunga potong segar yang akan diekspor diantaranya bunga krisan, bunga lili, bunga mawar, dan beberapa jenis lainnya. Pemeriksaan bertujuan untuk memastikan bahwa media pembawa sehat dan layak untuk dilalulintaskan.

Dian Sugiana selaku pemeriksa karantina tumbuhan yang bertugas mengungkapkan, "Bunga potong yang akan diekspor hari ini dikemas dalam dua boks karton, kami periksa secara keseluruhan, tidak ada akar atau tanah yang melekat, dokumen persyaratan juga sudah lengkap, setelah itu kami terbitkan Phytosanitary Certificate (KT-10)."

Ditempat terpisah Kepala Karantina Pertanian Kupang, Yulius Umbu Hunggar menjelaskan, "Ekspor bunga potong ke negara tetangga tergolong rutin setiap minggunya, harapan kami semoga untuk selanjutnya frekuensi dan kuantitas ekspor komoditas pertanian semakin meningkat."

#Gratieks
#KarantinaPertanianKupang