Awasi Masuknya Bawang Putih Asal Surabaya, Karantina Kupang Siaga

Berita - 07 Agu 2019 | 12:35:54 WITA

Diposting Oleh : drh. Yulius Umbu Hunggar


Awasi Masuknya Bawang Putih Asal Surabaya, Karantina Kupang Siaga
proses pembongkaran bawang putih dari atas kapal

Awasi Masuknya Bawang Putih Asal Surabaya, Karantina Kupang Siaga

Kupang - SobatQ, siapa yang tak kenal bawang putih. Sering dijadikan sebagai bumbu dapur, bahkan ada yang menyebutnya sebagai herba, rempah dan sayuran. Karena penggunanya lebih sedikit sebagai sayur, banyak yang menggolongkan komoditas ini ke jenis rempah. Secara biologis, mana yang benar ya?

Menurut laporan Times of India (1/8), secara tradisional bawang putih adalah sayuran. Tentu saja jika dilihat berdasarkan karakteristik sayuran seperti umbi, batang yang tinggi dan daun yang panjang.

Pagi ini (6/8), Petugas Karantina Pertanian Kupang wilayah kerja Pelabuhan Laut Tenau melakukan pengawasan dan pemeriksaan. Petugas memeriksa kondisi fisik bawang putih asal Surabaya yang diangkut menggunakan Kapal Multi Karya I. "Bawang yang masuk ke Kupang dari Surabaya ini berjumlah 7 ton," ujar Halim, Petugas Karantina yang sedang melakukan pengawasan di Pelabuhan.

Petugas memeriksa kelengkapan dokumen dari daerah asal. Dilanjutkan dengan pemeriksaan kebenaran isi dan jenisnya, serta kondisi fisik yang baik. Maka petugas karantina menerbitkan sertifikat pelepasan Karantina Tumbuhan (KT 9).

Ayo SobatQ, jangan lupa lapor karantina..

#LaporKarantina????????#KarantinaPertanianKupang