Bebas OPTK, Benih Padi dan Jagung Siap Berlayar ke Flores Timur

Berita - 03 Mar 2022 | 10:12:02 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Bebas OPTK, Benih Padi dan Jagung Siap Berlayar ke Flores Timur
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Bolok (24/02) Sebanyak 200 Kg benih jagung dan 520 kg benih padi dikirim dari Pelabuhan Laut Bolok ke Pelabuhan Larantuka Flores Timur menggunakan KMP Ranaka 2 dengan alamat tujuan Dinas Pertanian Kabupaten Flores Timur.

Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu sentra produksi jagung dan padi di Indonesia yang didominasi oleh lahan kering beriklim kering. Meskipun tidak termasuk dalam 10 provinsi teratas produsen jagung dan padi nasional, pemerintah setempat berupaya menjadikan menjadikan Provinsi NTT mandiri pangan. Hal ini dibuktikan pemerintah salah satunya dengan program food estate di Sumba dan Belu.

Sebelum dikirim ke Dinas Pertanian Kabupaten Flores Timur, benih-benih tersebut telah dilakukan tindakan karantina, berupa pemeriksaan fisik dan kelengkapan dokumen oleh pejabat karantina yang bertugas.

Setelah memenuhi persyaratan serta dipastikan sehat dan bebas dari Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) maka pejabat karantina menerbitkan Sertifikat Kesehatan Tumbuhan Antar Area (KT12) sehingga benih siap berlayar ke Pulau Flores.

#LaporKarantina
#KarantinaPertanianKupang