Belasan Ton Kopra Rote Telah Diperiksa Siap Berlayar ke Kupang

Berita - 05 Mar 2022 | 11:00:05 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Belasan Ton Kopra Rote Telah Diperiksa Siap Berlayar ke Kupang
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Kopra adalah daging buah kelapa yang dikeringkan. Kopra merupakan salah satu produk turunan kelapa yang sangat penting, karena merupakan bahan baku pembuatan minyak kelapa dan turunannya.

Rote (3/3), Pejabat Karantina Pertanian Wilayah Kerja (wilker) Rote melakukan pemeriksaan fisik terhadap 12 ton kopra. Kopra tersebut akan dikirim dari Pelabuhan Pantai Baru Rote menggunakan Kapal Fery menuju Pelabuhan Bolok di Kabupaten Kupang.

“Setelah dilakukan tindakan karantina, tidak ditemukan adanya OPTK, baik serangga maupun cendawan Phytophtora citropthora pada komoditas kopra tersebut," ujar Juniarma selaku Pejabat Karantina Tumbuhan yang memeriksa. "Kopra tersebut kemudian diberikan Sertifikat Kesehatan Tumbuhan Antar Area (KT 12), untuk kemudian siap  dilalulintaskan,” ungkapnya.

“Walaupun dalam satu provinsi, kami tetap memeriksa dan mengawasi komoditas pertanian yang masuk maupun keluar, sehingga kami pastikan bebas OPTK serta aman sampai tempat tujuan,” ujar Yulius Umbu Hunggar selaku Kepala Balai Karantina Kupang.

#LaporKarantina
#KarantinaPertanianKupang