Berkhasiat Meningkatkan Imun, Madu Kupang Penuhi Stok Kebutuhan Pasar Surabaya

Berita - 05 Feb 2021 | 17:28:39 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Berkhasiat Meningkatkan Imun, Madu Kupang Penuhi Stok Kebutuhan Pasar Surabaya

 

Penelitian Wineri (2014) menyatakan madu memiliki kemampuan untuk meningkatkan kecepatan pertumbuhan jaringan baru. Penelitian Adji (2004) juga menyatakan bahwa madu memiliki antibiotik atau antibakteri alami (Adji, S, 2004). Hal ini menjadi banyak perhatian masyarakat akibat kejadian pandemi Covid yang telah banyak menelan korban, dengan efek penurunan kekebalan tubuh yang sangat cepat. Banyaknya khasiat dari madu menyebabkan peningkatan permintaan pasar, Kupang menjadi salah satu daerah pemasok kebutuhan pasar Surabaya.

 

Kupang - (3/2) Pemeriksaan ratusan kilo madu yang dikirim ke Surabaya melalui Kapal KM. Multi Permai dilakukan oleh Jefri selaku pejabat Karantina Pertanian Kupang Wilker Tenau. Selain pemeriksaan fisik madu, juga dilakukan pemeriksaan kemasannya. "Kondisi fisik madu bersih tidak ada kotoran, dengan aroma dan rasa khas madu, serta di kemas dalam wadah tersengel dengan baik, sehingga aman dan layak untuk diantarpulaukan", ujar Jefri.

 

SobatQ kadar air madu dipengaruhi kelembaban lingkungan yang ada, karena madu mempunyai sifat higroskopis, yaitu mudah menyerap air. Umur panen juga mempengaruhi komposisi air pada madu. Madu yang dipanen pada umur tua mempunyai kadar air lebih sedikit daripada madu yang dipanen pada umur yang lebih muda. Kadar air yang rendah akan menjaga madu dari kerusakan untuk jangka waktu yang relatif lama. 

 

Karimin menyarankan penyimpanan madu terbaik adalah pada suhu 36 – 38 °C dengan kelembaban 75 – 78 persen. Dengan cara ini madu dapat

tahan lebih lama tanpa banyak mengalami penurunan mutu.

 

Salam sehat selalu, jangan lupa lapor karantina jika membawa hewan maupun tumbuhan, guna menjaga masuk dan tersebarnya penyakit hewan maupun tumbuhan.

 

#LaporKarantina 

#KarantinaPertanianKupang