Bertambah Lagi, Eksportir Telur Ayam Konsumsi Berpotensi Rambah Pasar RDTL

Berita - 21 Apr 2022 | 13:19:59 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Bertambah Lagi, Eksportir Telur Ayam Konsumsi Berpotensi Rambah Pasar RDTL
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Telur ayam merupakan salah satu bahan makanan yang bernilai gizi tinggi. Nutrisi yang terkandung di dalam satu butir telur cukup lengkap, mulai dari asam amino, vitamin, lemak, dan mineral. Kandungan protein yang terdapat pada telur lebih baik mutunya dibanding protein yang terdapat pada ikan maupun daging.

Atambua (20/04) - Kepala Karantina Pertanian Kupang beserta Pejabat Karantina Pertanian lainnya mengunjungi peternakan ayam petelur yang berpotensi ekspor di Kabupaten Belu. Dilihat dari tahun 2021, belum pernah ada ekspor telur ayam konsumsi ke negara tetangga Republik Demokrasi Timor Leste (RDTL).

Syahdu Pramono, Subkoordinator Karantina Hewan menyampaikan, menurut data IQFAST, dari awal tahun 2022 sudah ada tiga perusahaan ayam petelur yang melakukan ekspor telur ayam konsumsi ke RDTL dengan jumlah sebanyak 33,7 ton, yang bernilai ekspor sebesar 911 juta rupiah.

“Peternakan ayam petelur ini memilik potensi ekspor dimana letaknya berada di kota perbatasan Indonesia dan Timor Leste yaitu Atambua, sehingga kita akan dorong dan bantu guna menyukseskan program Gratieks," ungkap Yulius Umbu Hunggar, Kepala Karantina Pertanian Kupang.

#Gratieks
#KarantinaPertanianKupang