Bibit Vanili Sehat Asal Pulau Alor Sangat Diminati Kota Proklamator

Berita - 24 Mar 2022 | 14:00:04 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Bibit Vanili Sehat Asal Pulau Alor Sangat Diminati Kota Proklamator
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Alor -  Vanili Alor dikenal memiliki kualitas yang unggul dan premium. Pulau Alor yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur ditetapkan menjadi kawasan indikasi geografis yang pas untuk vanili. Sejak tahun 2008, Kementerian Pertanian telah menetapkan varietas Alor sebagai salah satu varietas unggul baru.

Varietas Alor memiliki keunggulan yaitu toleran terhadap penyakit Busuk Batang Vanili (Fusarium oxysporum). Selain itu varietas ini setelah berumur 6 tahun memiliki potensi produksi 3,55-4,81 ton/hektar dengan kadar vanilin sebesar 2,32-2,85%.

Senin siang (21/03), Karantina Pertanian Kupang Wilayah Kerja (Wilker) Alor melakukan sertifikasi kesehatan antar area terhadap bibit Vanili. Sebanyak 25.000 stek cutting Vanili akan dilalulintaskan menuju Kabupaten Blitar melalui Pelabuhan Laut Kalabahi menggunakan alat angkut kapal KM. Persada 88.

Pemeriksaan fisik telah dilakukan dan media pembawa dipastikan dalam kondisi bebas dari OPTK, baik dan layak. Jenis dan jumlahnya pun telah sesuai sehingga dapat diterbitkan sertifikat KT-12," ungkap Hidayatul Muna selaku Analis Perkarantinaan Tumbuhan di Wilker Alor.

"Karantina Pertanian Kupang akan senantiasa menjaga sumber daya hayati dan hewani di bumi Flobamora ini. Memastikannya bebas dari hama penyakit hewan karantina (HPHK) dan organisme penganggu tumbuhan karantina (OPTK),"  tegas Yulius Umbu Hunggar, Kepala Karantina Pertanian Kupang.

#LaporKarantina
#KarantinaPertanianKupang