Dinyatakan Bebas OPTK, 45 Ton Kopra Siap Berlayar Ke Kota Pahlawan.

Berita - 12 Feb 2023 | 12:23:05 WITA

Diposting Oleh : Syahidah Ulya


Dinyatakan Bebas OPTK, 45 Ton Kopra Siap Berlayar Ke Kota Pahlawan.

Atambua, Belu (10/02) – Kopra, daging buah kelapa yang dikeringkan untuk diolah menjadi berbagai produk turunan seperti bahan baku kosmetik, obat-obatan, minyak, dan bahan industri lainnya. Kopra merupakan komoditas pertanian yang banyak dijumpai di Nusa Tenggara Timur.

Pejabat Karantina Pertanian Kupang Wilayah Kerja Atapupu lakukan pemeriksaan terhadap 45 Ton kopra kering asal pulau Timor NTT. Puluhan ton kopra ini dinyatakan aman dari Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina(OPTK) dan akan diberangkatkan menuju Surabaya menggunakan kapal Persada 88 melalui Pelabuhan Laut Atapupu.

“Untuk pengeluaran kopra, dilakukan beberapa pemeriksaan yaitu pemeriksaan kelengkapan dokumen, pemeriksaan fisik dan pengambilan sampel untuk pengujian laboratoris. Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan media pembawa tersebut bebas OPT/OPTK,” Ujar Lin Abolla, Pejabat Karantina Tumbuhan Wilayah Kerja Atapupu. Setelah dilakukan pemeriksaan dan dinyatakan bebas OPT/OPTK media pembawa tersebut diterbitkan Sertifikat Kesehatan Tumbuhan Antar Area (KT 12).

#LaporKarantina

#KarantinaPertanianKupang