Dinyatakan Sehat, Si Meong Terbang ke Yogyakarta

Berita - 07 Mar 2022 | 13:39:34 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Dinyatakan Sehat, Si Meong Terbang ke Yogyakarta
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

SobatQ, ada yang suka membawa kucing kesayangannya bepergian? Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang populer bagi manusia, bahkan tak jarang ada yang menganggapnya seperti keluarga lho! Tentunya si pemilik tidak akan tega meninggalkan kucing kesayangannya sendirian saat bepergian. Akan tetapi, hewan lucu dan imut ini memiliki beberapa penyakit yang dapat menular ke manusia, sehingga harus dipastikan sehat sebelum dibawa pergi.

Kupang (4/3) sebanyak 8 ekor kucing domestik yang terdiri dari 5 ekor kucing jantan dan 3 ekor kucing betina dilaporkan ke Petugas Karantina Kupang Wilayah Kerja Bandar Udara El Tari. Kucing-kucing tersebut akan dikirim ke Yogyakarta dengan pesawat udara. Adapun pemeriksaan yang dilakukan berupa pemeriksaan fisik, pemeriksaan kesehatan serta kelengkapan dokumen.

"Kucing-kucing tersebut sudah dilengkapi dengan dokumen yang dipersyaratkan  diantaranya surat ijin pengeluaran dari dinas peternakan setempat, Surat Keterangan Kesehatan Hewan, Hasil uji laboratorium (khususnya untuk Hewan Penular Rabies (HPR)), serta Surat ijin pemasukan dari daerah tujuan," jelas Rani, Paramedik Karantina Hewan yang bertugas.

Setelah dipastikan aman dan sehat, Pejabat Karantina pun langsung menerbitkan Sertifikat Kesehatan Hewan (KH-11) sebagai syarat masuk ke daerah tujuan.

Jangan lupa lapor karantina saat melalulintaskan hewan kesayangan ya, SobatQ.

#LaporKarantina
#KarantinaPertanianKupang