Dorong Ekspor Produk Pertanian

Berita - 26 Agu 2019 | 13:10:22 WITA

Diposting Oleh : drh. Yulius Umbu Hunggar


Dorong Ekspor Produk Pertanian

Dorong Ekspor Produk Pertanian Langsung, Karantina Kupang Gandeng Bea Cukai dan Pelindo untuk Sosialisasi

Kupang - SobatQ.. Mungkin banyak dari kita yang belum pernah ke Kupang. Tapi setidaknya pasti pernah mendengar tentang Kupang kan? Di Televisi, Youtube maupun radio. Ya benar.. Hal yang menonjol dari daerah ini adalah keindahan alamnya. 

Tapi tunggu dulu.. Ternyata tak hanya itu saja.. Produk pertanian dari daerah ini sudah merambah beberapa negara. Seperti biji gebang yang diminati China, ada juga asam dan daun kelur. Tapi sayang, selama ini ekspornya tidak langsung dilakukan dari Kupang. Melainkan melalui pelabuhan besar di Surabaya. 

Melihat potensi yang begitu besar, Karantina Pertanian Kupang tak tinggal diam. Demi mendukung ekspor langsung, hari ini (18/7) dengan menggandeng Bea Cukai dan Pelindo, Karantina Pertanian Kupang mengadakan sosialisasi kepada pengguna jasa. Tentunya sebagai wujud dukungan terhadap program AgroGemilang ( Ayo Galakkan Ekspor Generasi Milenial Bangsa) milik Badan Karantina Pertanian.

Tujuan kegiatan ini untuk mendorong pengguna jasa agar melakukan ekspor langsung dari daerah asal produk pertanian tersebut. Jika dilakukan ekspor langsung,  pastinya Pendapatan Daerah Kupang (PAD) akan bertambah loh SobatQ.

Dalam kegiatan ini ikut dibahas mengenai kendala yang dialami oleh penggunajasa. Tak meninggalkan rasa penasaran, Karantina Pertanian Kupang, Bea Cukai dan Pelindo memberikan solusi. Bahkan langkah-langkah kepengurusan dokumennya pun dipaparkan dengan jelas di sini.

Bagaimana SobatQ? Tak ada persoalan yang tidak memiliki jalan keluar kan.. Yuk mulai sekarang ekspor komoditas pertanianmu langsung dari daerah asalnya