Dukung Gratieks, Karantina Pertanian Kupang Awasi Ekspor Rutin DOC ke RTDL

Berita - 25 Mar 2022 | 12:07:42 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Dukung Gratieks, Karantina Pertanian Kupang Awasi Ekspor Rutin DOC ke RTDL
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks) merupakan salah satu gebrakan dari Kementerian Pertanian untuk menggerakkan ekonomi nasional dengan mendorong pengusaha dan eksportir untuk melipatgandakan lalu lintas ekspor produk pertanian menjadi tiga kali lipat. Sebagai wujud nyata dukungan Karantina Pertanian Kupang terhadap Gratieks, Karantina Pertanian Kupang selalu sigap untuk memastikan komoditas pertanian yang akan diekspor telah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh negara Indonesia dan negara tujuan, sehingga potensi terjadinya hambatan ekspor komoditas pertanian dapat dihilangkan.

Day Old Chicken (DOC) merupakan salah satu komoditas hewan yang rutin di ekspor ke negara tetangga, Timor Leste. Motaain (23/3) Petugas Karantina Pertanian Kupang Wilayah Kerja (Wilker) Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain melakukan pemeriksaan terhadap 65 box dengan jumlah total 6767 ekor DOC berjenis broiler yang akan diekspor ke Timor Leste. Pemeriksaan karantina yang dilakukan meliputi pemeriksaan fisik dan pemeriksaan kelengkapan dokumen yang berupa surat keterangan kesehatan hewan dan import permit.

"Berdasarkan pemeriksaan fisik yang telah dilakukan, DOC tidak menunjukkan gejala penyakit sehingga dinyatakan sehat serta layak dilalulintaskan. Dokumen persyaratannya dinyatakan sah, lengkap dan benar," ujar Nina Liban, Dokter Hewan Karantina yang bertugas.

Kepala Karantina Pertanian Kupang, Yulius Umbu Hunggar mengungkapkan, "Sebagai wujud nyata dukungan Karantina Pertanian terhadap Gratieks, kami selalu pastikan komoditas yang akan dilalulintaskan dalam kondisi sehat dan layak, serta memastikan jenis dan jumlah yang dilaporkan sesuai dengan yang tertera di dokumen persyaratan."
 
#Gratieks
#KarantinaPertanianKupang