Ekspor DOC Perdana 2023, Permintaan Mencapai 22 Ribu Ekor

Berita - 21 Feb 2023 | 13:31:06 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Ekspor DOC Perdana 2023, Permintaan Mencapai 22 Ribu Ekor
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Kupang (08/02) - Karantina Pertanian Kupang melakukan pemeriksaan terhadap 22.220 ekor Day Old Chicken (DOC) yang akan diekspor ke Republik Demokrasi Timor Leste (RDTL). Bertempat di Farm and Hatchery PT. Charoen Pokphand Jaya Farm, Kabupaten Kupang, Pejabat Karantina Pertanian Kupang memastikan dokumen persyaratan sudah terpenuhi.

"Kami juga memastikan kesehatan hewan, tidak ada yang cacat fisik atau menunjukkan adanya gejala penyakit. Jumlah DOC yang dimuat ke alat angkut dengan yang tertera dalam dokumen juga sudah sesuai," Ujar Susanto Nugroho, Dokter Hewan Karantina.

Menurut data IQFAST, sepanjang tahun 2022 ekspor DOC ke RDTL mencapai 215.916 ekor dengan nilai ekspor sebesar 2,1 miliar rupiah. Selain DOC, komoditas yang banyak diminati oleh Negara tetangga yaitu telur ayam konsumsi. Tercatat tahun lalu ekspor telur ayam konsumsi mencapai 919 ton dengan nilai ekspor sebesar 22,9 miliar rupiah.

"Sebagai wujud nyata dari pelayanan prima dan program Gerakan Tiga Kali lipat Ekspor (Gratieks), Karantina Pertanian Kupang siap mendukung petani dan peternak Nusa Tenggara Timur dalam pelaksanaan ekspor. Harapannya semoga di tahun ini volume ekspor bisa meningkat, dan juga setiap tahunnya komoditas pertanian yang akan diekspor bisa bertambah jenisnya." Ujar Yulius Umbu, Kepala Karantina Pertanian Kupang.


#Gratieks
#KarantinaPertanianKupang