Herbal Berkhasiat, Jamur Susu Harimau Alor Berlayar Menuju Pulau Flores

Berita - 07 Mei 2021 | 11:02:48 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Herbal Berkhasiat, Jamur Susu Harimau Alor Berlayar Menuju Pulau Flores
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

SobatQ, jamur susu harimau merupakan salah satu tumbuhan langka yang berkhasiat. Tanaman dengan nama ilmiah Lignosus rhinocerus ini tumbuh secara liar di ladang budidaya kemiri masyarakat Alor, sehingga sering disebut sebagai jamur kemiri oleh masyarakat sekitar. Jamur ini banyak dicari untuk tujuan pengobatan, terutama di Tiongkok dan Malaysia.

Alor (02/05), Atian selaku pengguna jasa yang hendak melalulintaskan jamur susu harimau kering melaporkan kepada Pejabat Karantina Pertanian Kupang di Wilayah Kerja Alor.

Pejabat Karantina Pertanian Kupang Wilker Alor menindaklanjuti dengan melakukan pemeriksaan terhadap media pembawa berupa jamur kering sebanyak 175 kilogram yang akan diberangkatkan menuju Labuan Bajo dengan menggunakan alat angkut kapal KMP. Ranaka.

"Setelah dilakukan pemeriksaan fisik, media pembawa dipastikan dalam kondisi baik dan layak. Jenis dan jumlahnya pun telah sesuai sehingga dapat diterbitkan Sertifikat Kesehatan Antar Area (KT-12)," ungkap Muna selaku Analis Perkarantinaan Tumbuhan Wilker Alor.

SobatQ, mari tertib lapor karantina. Lapor karantina itu mudah lho.

#LaporKarantina
#KarantinaPertanianKupang