Kampung Adat Prai Ijing Kearifan Lokal yang Terjaga

Informasi Publik - 14 Mar 2021 | 14:10:21 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Kampung Adat Prai Ijing Kearifan Lokal yang Terjaga
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu pulau di Indonesia yang terkenal dengan keindahan bentangan alamnya yang begitu mempesona. Selain itu Sumba juga memiliki daya tarik keragaman adat dan budayanya yang masih begitu kental, yang dapat kita lihat pada berbagai kampung adat yang tersebar di berbagai wilayah di Sumba dengan ke khasan masing-masing. Jika SobatQ memiliki cukup waktu kunjungilah masing-masing kampung adat tersebut.

List itinerary trip SobatQ jika bertraveler ke Pulau Sumba jangan luput memasukkan Kampung Adat Prai Ijing di Sumba Barat. Tempat ini berjarak 3 Km dari pusat kota Waikabubak, atau 43 Km dari Karantina Pertanian Kupang Wilayah kerja Bandara Tambolaka yang dapat di tempuh satu jam perjalanan.

Memasuki kawasan kampung adat ini sobatQ hanya dikenai tiket sebesar 10 ribu (jika belum berubah). Ciri khas kampung ini terdapat rumah adat yang tersusun rapi memanjang yang terbelah jalan di tengahnya dan telah dilengkapi peta yang memudahkan. 

Mimin menyarankan sebelum masuk melihat -lihat kampung adat sebaiknya SobatQ naik dulu ke teras pandang atau view point yaitu tempat tinggi yang memungkinkan kita memotret keindahan landscape keseluruhan kampung ini dengan bird eye view tanpa perlu drone. Jangan lupa berfoto di sini dengan properti kain Sumba ya.

Bukan kampung artifisial, kampung ini benar-benar dihuni dengan segala  aktifitasnya. Kita akan disambut hangat warga dengan kegiatan sehari-hari dari menenun kain, menganyam kerajinan dari daun pandan, menjemur hasil bumi di halaman bahkan anak-anak yang bermain di teras rumahnya. 

Teras beberapa rumah berhias tengkorak kepala kerbau bertanduk panjang serta bergelantungan kain tenun yang dapat kita beli. Bangunan rumah adatnya menjulang tinggi beratap alang-alang kering, seperti pada umumnya rumah adat di Sumba terdiri dari tiga bagian: bagian dasar atau kolong sebagai kandang ternak, bagian tengah untuk tempat tinggal, dan bagian paling atas yakni ruang di bawah atapnya itu untuk menyimpan bahan makanan.

Di halaman terdapat batu-batu menhir pemujaan, serta batu kubur. SobatQ bebas berfoto ria namun jangan sembarangan menyentuh atau menginjak batu-batu tersebut.

Lengkapi perjalanan wisatamu dengan mengunjungi Air Terjun Lapopu yang hanya berjarak 18 km atau membutuhkan waktu sekitar setengah jam perjalanan dari kampung ini.

Wisata Kampung Adat Prai Ijing
Sebuah budaya yang terus bertahan
Meski digerus zaman kekinian.
Menjalani hidup dengan penuh kearifan

Mereka mulai terbuka dengan kedatangan pengunjung, namun tetap bangga dengan budaya yang mereka tanamkan.

#serbaserbi #trivia 
#praiijingvillage  #kampungadat #praiijing #wisata #sumba #ayopiknikbiargakpanik #lifeforlike #instaphoto #wonderfullindonesia
#KarantinaPertanianKupang