Kayu Santigi Siap Lengkapi Riasan Aquascape Surabaya

Berita - 24 Mar 2021 | 14:21:13 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Kayu Santigi Siap Lengkapi Riasan Aquascape Surabaya
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Santigi atau Stigi (Pemphis acidula) merupakan jenis kayu yang banyak digunakan sebagai komponen Aquascape. Kayu pada aquascape memiliki fungsi sebagai tempat tumbuh berbagai tanaman air yang ada di dalam aquascape, selain tentunya sebagai estetika untuk menambah keindahan. Aquascape sendiri merupakan seni membuat ekosistem air dengan memadukan berbagai unsur benda hidup dan tak hidup seperti karang, kayu, koral, batu, serta berbagai jenis ikan tumbuhan agar dapat hidup di dalam air.

Santigi banyak digunakan sebagai kayu pada aquascape, hal ini dikarenakan kayu Santigi mempunyai lekukan indah sehingga membuat kesan yang alami dan dramatik. Kayu Santigi banyak tersebar di daerah pesisir berkarang, berpasir, atau di tepi hutan mangrove.

Selasa (23/3), Pejabat Karantina Pertanian Kupang Wilayah Kerja (Wilker) Alor memeriksa 40 batang Kayu Santigi yang akan diberangkatkan ke Surabaya. Kayu tersebut akan berlayar ke Surabaya menggunakan kapal kargo KM. Flores Mandiri.

"Setelah dilakukan pemeriksaan baik fisik maupun administrasi maka diterbitkanlah Sertifikat Kesehatan Tumbuhan Antar Area (KT 12) sebagai syarat pemasukan ke daerah tujuan," Ujar Muna selaku Analis Perkarantinaan Tumbuhan sekaligus Penanggungjawab Wilker Alor.

Jangan lupa untuk selalu lapor karantina ya SobatQ,

#LaporKarantina
#KarantinaPertanianKupang