Kuda Malaka NTT, Penuhi Kebutuhan Protein Hewani Sulawesi

Berita - 13 Mar 2021 | 11:32:22 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Kuda Malaka NTT, Penuhi Kebutuhan Protein Hewani Sulawesi
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

SobatQ, kuda merupakan salah satu hewan yang mempunyai nilai ekonomi tinggi dan merupakan hewan serbaguna, selain diapakai untuk perlombaan kuda pacu, adat, belis/mahar, peliharaan dan hewan kesayangan bahkan juga dipakai sebagai alat angkut, daging kuda juga memiliki nilai jual tinggi.

Wini (11/03), sebanyak 46 ekor kuda potong asal Kabupaten Malaka berlayar ke Jeneponto, Sulawesi Selatan melalui Pelabuhan Laut Wini menggunakan kapal KLM. Asia Mulia. Sebelum dilakukan pemuatan Pejabat Karantina Pertanian Kupang, Wilayah Kerja Wini melakukan pemeriksaan baik fisik maupun dokumen yang dipesyaratkan. Setelah dipastikan kuda tersebut sehat dengan alat angkut yang layak maka siap dikirimkan.

"Kami telah melakukan pemeriksaan klinis dan kelengkapan dokumen serta memastikan kuda tersebut siap  berlayar," ujar Magrianto Pejabat Karantina Wilker Wini.

Setelah dipastikan siap berlayar, diterbitkan sertifikat KH 11 sebagai bukti kuda tersebut telah melalui proses karantina.
 
SobatQ, ayo bantu karantina pertanian menjaga negeri dengan melapor setiap komoditas pertanian yang akan dialulintaskan yah.

#LaporKarantina
#KarantinaPertanianKupang