Lagi, Vanili Asal Kupang Rambah Pasar Domestik

Berita - 17 Mar 2021 | 14:00:49 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Lagi, Vanili Asal Kupang Rambah Pasar Domestik
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Kupang - Vanili (Vanilla planifolia) biasa dimanfaatkan sebagai bumbu pengharum masakan. Bubuk vanili dihasilkan dari polong tanaman vanili yang telah dikeringkan. Mengingat teknik budidaya hingga proses pascapanen yang cukup sulit menjadikan Vanili sebagai rempah termahal kedua setelah saffron. 

Senin (15/03) Danu, Pejabat Karantina Kupang Wilayah Kerja (Wilker) El Tari lakukan pemeriksaan Vanili sebanyak 106 kg tujuan Surabaya dan 51 kg tujuan Padang menggunakan jasa pengiriman ekspedisi Cargo. 

"Setelah dilakukan pemeriksaan secara fisik untuk memastikan Vanili dalam keadaan yang tidak rusak. Setelah pemeriksaan selesai dilakukan, selanjutnya akan kami terbitkan Sertifikat Kesehatan Karantina Tumbuhan Antar Area (KT-12) dan siap diberangkatkan menuju Surabaya dan Padang hari ini" pungkas Aprinana, Analis Perkarantinaan Tumbuhan sekaligus Penanggung Jawab Wilker El Tari. 

SobatQ, Jangan lupa lapor karantina yaa. Mari bersinergi untuk melindungi negeri dari ancaman Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) dan Organisme Pengganggu Tumbuhan/Karantina (OPT/K). 

#LaporKarantina
#KarantinaPertanianKupang