Lapor Karantina, Kulit Sapi Kering NTT Dinyatakan Sehat

Berita - 17 Mar 2021 | 09:36:10 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Lapor Karantina, Kulit Sapi Kering NTT Dinyatakan Sehat
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Kulit sapi merupakan bagian paling luar dari daging sapi. Kulit juga merupakan hasil ikutan ternak yang paling tinggi nilai ekonominya yaitu sekitar 59% dari nilai keseluruhan produk yang dihasilkan oleh seekor ternak.

Atambua (16/03), Pejabat Karantina Pertanian Kupang di Wilayah Kerja (Wilker) Atapupu melakukan pemeriksaan kulit sapi kering sebanyak 356 lembar atau setara dengan 1,8 ton dengan nilai 10.680.000 rupiah.

Kulit sapi kering ini rencananya akan diberangkatkan dari Pelabuhan Atapupu menggunakan KM.Lit Enterprise menuju Surabaya.

Agustinus selaku Pejabat Karantina Hewan mengungkapkan, "Kulit sapi kering ini telah diperiksa fisik dan dinyatakan sehat serta sanitasinya baik. Pemilik juga menyertakan surat rekomendasi dan surat keterangan pemeriksaan kulit dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan kabupaten Belu,sehingga bisa dilakukan sertifikasi sanitasi produk hewan (KH 12)."

SobatQ, jangan lupa untuk lapor karantina. Pastikan komoditas pertanian baik hewan maupun tumbuhan yang dibawa sehat dan bebas dari Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) maupun Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK).

#LaporKarantina
#KarantinaPertanianKupang