Masuk Masa Panen, Pasar Si Emas Hijau Alor Kembali Menggeliat

Berita - 04 Mar 2022 | 09:43:56 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Masuk Masa Panen, Pasar Si Emas Hijau Alor Kembali Menggeliat
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Alor (02/03) Rabu, "Emas Hijau" atau Vanili merupakan salah satu komoditas unggulan dari Pulau Alor. Kadar vanilin yang tinggi dengan rerata panjang buah polong 23 cm, bahkan bisa mencapai hingga 27 cm menjadikan komoditas tersebut unggul di pasaran. Buah Vanili Alor tengah memasuki masa panen dan kembali ramai dilalulintaskan.

Pada Rabu Pagi, 02/03 Karantina Pertanian Kupang melalui Wilayah Kerja Alor kembali memfasilitasi permohonan sertifikasi kesehatan antar area terhadap buah Vanili basah sebanyak 150 kg. Buah Vanili tersebut akan dilalulintaskan menuju Jayapura melalui Pelabuhan Penyeberangan Kalabahi dan dilanjut ke Bandara Eltari di Kupang.

"Setelah dilakukan pemeriksaan fisik, media pembawa dipastikan dalam kondisi baik dan tidak ada serangan serangga hidup. Jenis dan jumlahnya pun telah sesuai sehingga dapat diterbitkan sertifikat KT-12," ungkap Muna selaku Analis Perkarantinaan Tumbuhan di Wilker Alor.

Ayo Lapor Karantina. Jangan lupa melaporkan komoditas pertanian yang akan dilalulintaskan kepada pejabat karantina setempat sobat-Q.

#LaporKarantina
#KarantinaPertanianKupang