Mebel Jati Nusa Tenggara Timur Semakin Diminati Timor Leste

Berita - 20 Mar 2019 | 09:48:25 WITA

Diposting Oleh : drh. Yulius Umbu Hunggar


Mebel Jati Nusa Tenggara Timur Semakin Diminati Timor Leste
ekspor Meubelair Jati ke Timor Leste

Mebel Jati Nusa Tenggara Timur Semakin Diminati Timor Leste

Kupang - Mungkin SobatQ banyak yang belum tahu, selain penghasil hewan ternak, Pulau Timor - NTT juga menghasilkan kayu jati. Jati NTT ini banyak diminati daerah lain, termasuk juga Negara Timor Leste.

Hari ini (19/03) petugas Karantina Kupang di Mota'ain memeriksa 20 m3 mebel jati yang akan diekspor ke Timor Leste. "Jika ditaksir dengan mata uang Indonesia, mebel jati tersebut bernilai 120 juta rupiah," kata Putu Agus, Penanggung Jawab Wilayah Kerja Mota'ain.

Mebel jati yang diekspor ini merupakan hasil produksi pengrajin di Kabupaten Belu, NTT. Ekspor dilakukan dengan jalur darat menggunakan mobil truk melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Mota'ain.

"Kami sudah memastikan bahwa isi di truk-truk ini adalah mebel jati. Semua sesuai dengan yang dilaporkan oleh pemiliknya," ujar Dian, petugas yang melakukan pemeriksaan.

Sesudah dilakukan pemeriksaan dokumen dan pemeriksaan fisik, hasilnya sesuai. Dokumen persyaratan pun terpenuhi, maka diterbitkan sertifikat kesehatan tumbuhan yang akan menyertakan mebel tersebut.

Dukung akselerasi ekspor produk tumbuhan dengan lapor karantina.

#KarantinaKupang
#LaporKarantina????????