Menepis Anggapan Tandusnya Tana Humba, Perdana Waingapu Mengirimkan Semangka

Berita - 30 Jan 2021 | 22:03:22 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Menepis Anggapan Tandusnya Tana Humba, Perdana Waingapu Mengirimkan Semangka

 

Waingapu - Menepis anggapan bahwa #TanaHumba merupakan tanah karang nan tandus, kali ini Padang Savana Pulau Sumba yang luas terbentang sedikit demi sedikit telah membuahkan hasil pertanian yang sangat membantu perekonomian masyarakat, hal ini sejalan dengan misi BARANTAN dalam #kostratani dengan meningkatkan pertanian masyarakat.

 

SobatQ, semangka asal sumba ini memiliki warna buah kuning dengan rasa yang manis dan tanpa biji. Tak hanya itu, semangka kuning dinilai kaya akan vitamin A dan C serta beta karoten tinggi sebagai antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh kita. Apalagi disaat pandemi covid-19 ini, kita dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi buah-buahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita.

 

Untuk itu, Karantina Pertanian Kupang pastikan kesehatan semangka tersebut agar aman untuk dikonsumsi. Jumat lalu (29/1), Sayendra selaku pejabat Karantina Pertanian yang bertugas lakukan pemeriksaan fisik semangka. Semangka sebanyak 24.000 kilogram ini akan dipasarkan ke daerah Surabaya yang rencananya akan dimuat dini hari (30/1) dan diangkut dengan Kapal Prakarsa Pacific.

 

Sayendra mengungkapkan, "Pengiriman semangka ini perdana dari Waingapu dan telah kami terbitkan sertifikat kesehatan tumbuhan antar area yang merupakan syarat masuk ke Surabaya"

 

Yulius Umbu, Kepala Karantina Pertanian Kupang juga mengungkapkan "Saya berharap kedepannya nanti, tak hanya menenuhi kebutuhan pasar domestik namun juga pasar internasional. Ini merupakan salah satu potensi untuk ekspor dan menjadi #DevisaDariDesa."

 

#LaporKarantina

#KarantinaPertanianKupang