Pacu Gratieks, Karantina Pertanian Kupang Ikut Serta Bercocok Tanam di Lahan Pertanian TNI AU

Berita - 23 Okt 2022 | 12:25:12 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Pacu Gratieks, Karantina Pertanian Kupang Ikut Serta Bercocok Tanam di Lahan Pertanian TNI AU
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Kupang - Sabtu (22/10) Karantina Pertanian Kupang ikut serta dalam kegiatan penanaman jagung hibrida dan sorgum perdana di lahan pertanian TNI AU seluas 6,4 Ha dari rencana lahan seluas 150an Ha. Kegiatan ini merupakan kerja sama TNI AU, Kementerian PUPR, Kementan RI dan Pemprov NTT.

Penanaman perdana tersebut dilakukan secara langsung oleh Irjen Kementan, Jan.S. Maringka bersama Danlanud El tari Kupang, Ketua DPR Provinsi NTT, Emilia Nomleni, Asisten Sekda II, Ganef Wugiarto serta jajaran Forkopimda NTT. Penanaman jagung hibrida dan sorgum dilakukan dengan menggunakan teknologi irigasi tetes mengingat curah hujan minim di daerah tersebut.

Danlanud Eltari, Marsma TNI Aldrin Petrus Mongan mengungkapkan, "kami sangat mengapresiasi kinerja Kementan serta Kementrian PUPR dalam membangun pertanian di Provinsi NTT ini, meski dengan kondisi lahan kering tetapi berbagai upaya telah di maksimalkan seperti dengan adanya pengadaan sumur bor serta peralatan pertanian lainnya". Danlanud juga berharap dengan dukungan ini kawasan bandara akan menjadi hijau dan produktif sehingga bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya.

"Kementan akan terus memberikan dukungan dan bantuan sarana prasarana maupun bibit untuk memaksimalkan potensi lahan pertanian di NTT, tentunya dengan melakukan kajian dan memahami karakteristik alam NTT yg minim air. Salah satunya dengan mengembangkan irigasi tetes ini", tambah Irjen Kementan, Jan.S. Maringka.

Yulius Umbu Hunggar, Kepala Karantina Pertanian Kupang juga menjelaskan bahwa metode penanaman jagung hibrida dan sorgum dengan metode irigasi tetes ini sangat tepat mengingat NTT minim air. "Karantina Pertanian sangat mendukung program ini dan melakukan pendampingan pada produksi dan pemasaran utamanya pemenuhan persyaratan perdagangan antar pulau maupun ekspor", ungkap beliau.

#Gratieks
#KarantinaPertanianKupang