Pemeriksaan Rutin, Karantina Pertanian Kupang Pastikan Puluhan Ton Daging Ayam Layak

Berita - 26 Mar 2022 | 12:13:41 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Pemeriksaan Rutin, Karantina Pertanian Kupang Pastikan Puluhan Ton Daging Ayam Layak
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Kupang (24/03) - Pejabat Karantina Pertanian Kupang melakukan pemeriksaan terhadap 28.000 kilogram daging ayam beku asal Kota Surabaya yang diangkut menggunakan kapal KM. Meratus Kelimutu.

Pemeriksaan yang dilakukan terdiri dari, pemeriksaan kelengkapan dokumen persyaratan dari daerah asal dan pemeriksaan fisik daging ayam tersebut. "Kami lakukan pemeriksaan rutin setiap ada pemasukan produk hewan ke Kota Kupang khususnya daging ayam beku, pengambilan sampel secara random untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan fisik dan uji laboratorium," jelas Abdul Hakim, dokter hewan karantina yang bertugas.

Total Plate Count (TPC) merupakan metode uji laboratorium yang digunakan untuk mendeteksi cemaran mikroba pada produk hewan, setelah dilakukan uji TPC dan hasilnya tidak melewati ambang batas yang ditentukan, maka produk hewan layak untuk dikonsumsi. Selanjutnya dengan laporan hasil uji laboratorium ini, karantina pertanian akan menerbitkan sertifikat pelepasan (KH-14).

Kepala Karantina Pertanian Kupang, Yulius Umbu Hunggar menyampaikan, "Pemeriksaan kesehatan baik hewan maupun produknya kami laksanakan dengan teliti dan sesuai prosedur, guna menjaga keamanan hayati hewani, sehingga dapat dikategorikan sehat dan layak konsumsi sebelum didistribusikan kepada masyarakat."

Yuk SobatQ, jangan lupa lapor karantina, bersama-sama kita lindungi negeri dari penyakit hewan dan tumbuhan.

#LaporKarantina
#KarantinaPertanianKupang