Pengiriman Sapi Potong Asal NTT Tetap Berjalan di tengah pandemi Covid 19

Berita - 15 Apr 2020 | 08:11:45 WITA

Diposting Oleh : drh. Yulius Umbu Hunggar


Pengiriman Sapi Potong Asal NTT Tetap Berjalan di tengah pandemi Covid 19
pemuatan ternak di kapal Tol Laut Cemara Nusantara

penulis: Budi Handayani

Kupang - (8/4) Provinsi NTT merupakan salah satu pemasok sapi terbesar. Beberapa daerah yang menjadi tujuan pengiriman sapi ini diantaranya seperti Bekasi, Banjarmasin, Samarinda, Sulawesi dan daerah lainnya. Ditengah pandemi covid-19, pengiriman sapi potong pun tetap berjalan, terbukti sampai saat ini tercatat 4.156 ekor telah dikirim dari NTT.

Dini hari tadi Pejabat Karantina Pertanian Kupang di Wilayah Kerja (Wilker) Tenau telah melakukan pengawasan pemuatan sapi potong sebanyak 550 ekor. Sapi tersebut akan diberangkatkan ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan dengan menggunakan Kapal Ternak Camara Nusantara 6.

Sebelumnya, pemilik telah melengkapi persyaratannya. Dokumen-dokumen persyaratan itu terdiri dari Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH), hasil uji laboratorium Brucellosis dan Surat Rekomendasi dan Izin Pengeluaran Ternak dari dinas peternakan provinsi setempat.

Tak hanya itu, sapi-sapi yang akan berangkat ini telah dilakukan pengasingan dan pengamatan selama 7 hari di Instalasi Karantina Hewan (IKH) Tenau. Pejabat Karantina juga sudah melakukan pengambilan darah sebanyak 550 ekor guna pengujian laboratorium. Tentunya untuk memastikan hewan ternak tersebut bebas dari penyakit Brucellosis.

Seluruh komoditas tersebut telah dilakukan tindakan karantina dan dinyatakan sehat serta siap untuk dikirim. Pejabat karantina pun menerbitkan Sertifikat Kesehatan Hewan sebagai syarat masuk di daerah tujuan.

Ayo SobatQ jangan lupa lapor karantina...

#LaporKarantina????????
#KarantinaPertanianKupang