Penuhi Pasar Surabaya, Jagung Biji Diperiksa Karantina Pertanian Kupang

Berita - 22 Apr 2021 | 12:42:16 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Penuhi Pasar Surabaya, Jagung Biji Diperiksa Karantina Pertanian Kupang
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

SobatQ, Jagung (Zea mays) adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat terpenting di dunia, selain gandum dan padi. Jagung juga merupakan komoditi strategis setelah padi dan mempunyai peran penting dalam pengembangan industri baik sebagai bahan baku untuk industri pangan dan industri pakan ternak.

(20/4) Pejabat Karantina Pertanian Kupang di Wilayah Kerja (Wilker) Atapupu lakukan pemeriksaan jagung sebanyak 30 ton. Jagung ini rencananya akan diberangkatkan dari Atapupu menuju Surabaya dengan menggunakan Kapal Persada 88.

"Berdasarkan hasil tindakan karantina tidak ditemukan adanya Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK), baik serangga maupun cendawan sehingga jagung tersebut akan diberikan Sertifikat Kesehatan Tumbuhan Antar Area (KT 12)", ungkap Lin Abolla, Analis Karantina Tumbuhan  sekaligus Penanggungjawab Wilker Atapupu.

SobatQ, Sertifikat Karantina Tumbuhan Antar Area (KT-12) ini merupakan syarat masuk ke daerah yang dituju. Yang menyatakan bahwa komoditas tersebut sehat dan telah diperiksa oleh Pejabat Karantina Pertanian.

#LaporKarantina
#KarantinaPertanianKupang