Perdana di Tahun 2021, Ribuan DOC di Ekspor ke Republik Demokratik Timor Leste

Berita - 05 Feb 2021 | 17:24:43 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Perdana di Tahun 2021, Ribuan DOC di Ekspor ke Republik Demokratik Timor Leste

 

Motaain - Tren ekspor produk pertanian merupakan bukti keberhasilan dalam peningkatan daya saing petani maupun peternak Indonesia dalam menghasilkan produk pertanian yang lebih berkualitas. Ekspor juga menjadi momentum dalam meningkatkan devisa negara.

 

Rabu (3/1) Karantina Kupang wilayah kerja (wilker) Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain melepas 32.500 ekor bibit ayam petelur (day old chicken full stock layer/DOC FS Layer) yang siap diberangkatkan ke Timor Leste. Nina Liban, Penanggung Jawab (PJ) Wilker Motaain menjelaskan ekspor DOC kali ini senilai lebih dari tiga ratus juta.

 

"Pemeriksaan fisik merupakan langkah awal untuk memastikan DOC dalam keadaan sehat", ujar Nikson P. Atty, pejabat Karantina Kupang.

Selain itu juga dilakukan pemeriksaan alat angkut yang berupa empat buah mobil truck kipas khusus DOC, yang harus memenuhi standart kesejahteraan hewan. Syaratnya yaitu harus memiliki putaran kipas minimal 1.500 rpm per menit, guna menjaga sirkulasi udara. Truck kipas ini digunakan hanya dalam pengangkutan DOC kurang dari 6 jam perjalanan.

 

Setelah dipastikan DOC aman dan sehat, serta diangkut menggunakan alat angkut yang sesuai, layak dan aman maka diterbitkanlah Sertifikat Kesehatan Hewan (KH 11) sebagai syarat masuknya komoditi pertanian ke Negara Tetangga Timor Leste.

 

Nah SobatQ, jadi penting ya lapor karantina untuk menjamin kesehatannya. Komoditas pertanian, hewan dan tumbuhan harus dalam keadaan sehat serta bebas dari hama penyakit hewan karantina dan organisme penganggu tumbuhan karantina. 

 

#EksporPertanian 

#LaporKarantina ????????

#KarantinaPertanianKupang