Persiapan Audit Internal Laboratorium, Karantina Pertanian Kupang Gelar Bimtek

Berita - 29 Mar 2022 | 10:56:11 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Persiapan Audit Internal Laboratorium, Karantina Pertanian Kupang Gelar Bimtek
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Kupang (29/03) - Karantina Pertanian Kupang melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) audit internal laboratorium dengan mendatangkan narasumber dari Karantina Pertanian Uji Standar. Bimtek ini digelar selama dua hari, 28-29 Maret 2022.

Laboratorium Uji Karantina Pertanian Kupang merupakan salah satu laboratorium yang telah terakreditasi ISO/IEC 17025:2017. Maka dari itu harus dilaksanakan surveilans laboratorium oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) setiap tahunnya. Sebelum surveilans oleh KAN, laboratorium harus melaksanakam tinjauan manajeman dan audit internal.

"Perlu adanya kesiapan yang matang baik personil maupun dokumen mutu sebelum melaksanakan audit internal laboratorium. Perlu digaris bawahi bahwa konsep audit internal adalah menemukan ketidaksesuaian untuk perbaikan kedepannya secara objektif, bukan untuk mencari kesalahan." Jelas Krisna Dwiharniati selaku narasumber.

Dalam sambutannya, Kepala Karantina Pertanian Kupang Yulius Umbu Hunggar menyampaikan, "Saya berharap setiap personil laboratorium dapat memanfaatkan secara maksimal momen seperti ini. Selain menambah wawasan, semoga melalui bimtek ini penerapan ISO/IEC 17025:2017 terhadap laboratorium uji lingkup Karantina Pertanian Kupang bisa terlaksana dengan baik."

#LaporKarantina
#KarantinaPertanianKupang