Presiden Inspeksi Layanan Kapal Ternak di Kupang

Berita - 01 Nov 2021 | 15:24:56 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Presiden Inspeksi Layanan Kapal Ternak di Kupang
peninjauan kapal ternak oleh presiden Jokowi

Presiden Inspeksi Layanan Kapal Ternak di Kupang

Kupang - Saat melakukan kunjungan kerja di Provinsi Nusa Tenggara Timur, presiden meninjau pelabuhan sekaligus menginspeksi layanan kapal ternak (Tol Laut) yang sedang melakukan pemuatan sapi di pelabuhan Tenau, Kupang (22/8). Menurut Presiden Jokowi dari enam trayek kapal pengangkut ternak, lima di antaranya menyinggahi NTT. Dari lima trayek tersebut, setiap tahun dapat mengangkut 70 ribu ternak dari NTT untuk memenuhi kebutuhan di Pulau Jawa dan sekitarnya.

Menurut drh. Sujarwanto, Kepala Pusat Kepatuhan, Kerjasama dan Informasi Publik yang turut hadir pada kegiatan tersebut menyebutkan bahwa dari data otomasi Barantan IQFAST, frekuensi pengiriman pada periode Januari sampai dengan Juli meningkat 163,2% dibandingkan tahun lalu yaitu sebanyak 315 sertifikasi sedangkan tahun sebelumnya hanya 193 sertifikasi. "Kita pastikan ternak yang akan dikirim sehat sehingga aman," katanya.

Kepala Balai Karantina Kelas I Kupang, drh. Nurhartanto menambahkan bahwa sebelum diberangkatkan, sapi-sapi diberikan tindakan karantina berupa pemeriksaan fisik dan laboratorium. Hasil laboratorium dikeluarkan pada hari yang sama. Selama pengujian, ternak diistirahatkan dan dilakukan pengamatan di Instalasi Karantina Hewan (IKH) milik Karantina Kupang. Menurut Nurhartanto, IKH yang ia miliki saat ini berkapasitas 2.000 ekor.

Dari data yang ada, sapi tercatat dikirim ke Bekasi, Bogor, Indramayu, Subang, Banjarmasin, DKI Jakarta, Palangkaraya dan Samarinda.

#KapalTernak #LaporKarantina #KarantinaKupang