Puluhan Kambing Kacang Sehat Asal Alor Berlayar ke Kabupaten Sinjai

Berita - 08 Mar 2022 | 13:16:11 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Puluhan Kambing Kacang Sehat Asal Alor Berlayar ke Kabupaten Sinjai
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Alor (05/03), Kambing kacang merupakan kambing lokal Indonesia dengan sebaran asli geografis di sebagian besar Wilayah Republik Indonesia. Kambing kacang merupakan salah satu jenis kambing pedaging yang perawatannya mudah dengan harga jual yang cukup tinggi. Tidak mengherankan bila kambing dari jenis tersebut cukup laris di pasaran.

Karantina Pertanian Kupang melalui Wilayah Kerja Alor melakukan sertifikasi terhadap 50 ekor kambing kacang pada Jumat malam (04/03). Kambing tersebut akan dilalulintaskan menggunakan kapal KLM. Minasa Harapan 03 ke Kabupaten Sinjai yang memiliki julukan Bumi Panrita Kitta.

Paramedik Karantina Hewan Wilker Alor bersama dengan Dokter Hewan Dinas Peternakan Kabupaten Alor melakukan pemeriksaan fisik untuk mengetahui ada tidaknya gejala Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) salah satunya Pustularis Contangiosa (Orf) yaitu adanya lepuhan disekitar bibir dan mulut kambing.

"Hasil Pemeriksaan menunjukkan kambing sehat dan aman, persyaratan administrasi pun telah lengkap, sehingga dapat diterbitkan Sertifikat Kesehatan KH-11, serta dapaat dilalulintaskan," ungkap Emiwati selaku Paramedik Karantina Hewan Wilker Alor.

Ayo, Lapor Karantina! Jangan lupa melaporkan komoditas pertanian yang akan dilalulintaskan kepada pejabat karantina setempat sobat-Q.

#LaporKarantina
#KarantinaPertanianKupang