Rapat Koordinasi Peresmian Dermaga 2 dan KMP. Jatra 1

Berita - 06 Mar 2021 | 11:15:02 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Rapat Koordinasi Peresmian Dermaga 2 dan KMP. Jatra 1
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Rabu (5/3), Perwakilan Pejabat Karantina Pertanian Kupang yang diwakili oleh Rido Rihi selaku Penanggung Jawab Wilayah Kerja Bolok mengikuti kegiatan rapat koordinasi terkait peresmian dermaga 2 dan KMP. Jatra 1 yang akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 10 Maret 2021.


Peresmian tersebut rencananya akan dihadiri oleh Menteri Perhubungan, maka dari itu dilakukanlah rapat koordinasi ini. Rapat ini juga dipimpin oleh General Manager dari PT. ASDP Bolok dan dihadiri juga dari beberapa perwakilan Karantina Pertanian wilker Bolok, KSOP Bolok, KP3 Bolok, KKP Bolok, serta Babhinsa Bolok.


Dermaga merupakan bangunan yang dirancang khusus pada suatu pelabuhan yang digunakan atau tempat kapal untuk ditambatkan/merapat untuk melakukan kegiatan bongkar muat barang dan penumpang kapal. Bukan Cuma sebagai tempat untuk melakukan tempat bongkar muat barang atau penumpang tetapi dermaga juga digunakan sebagai tempat melakukan pengisian bahan bakar kapal, air bersih, air minum ataupun saluran kotor.


Kapal Motor Penumpang Jatra I membantu mengangkut masyarakat Nusa Tenggara Timur yang bepergian antarapulau selama cuaca buruk. Kapal ini diprioritaskan membantu mengangkut penumpang dan bahan kebutuhan pokok ke Rote. Spesifikasi kapal ferry KMP Jatra 1 adalah memiliki bobot 3.871 Gross Tonnage, dengan panjang 88.7 meter, lebar 15,6 meter tinggi cardeck 4 meter memiliki 2 car deck.


Sedangkan tugas pokok dan fungsi Badan Karantina Pertanian adalah mencegah masuk, tersebar, dan keluarnya Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) dan Organisme Penganggu Tumbuhan Karantina (OPTK). Maka dari itu Karantina Pertanian juga turut berpartisipasi dalam kegiatan ini untuk menjaga HPHK dan OPTK.


#PatuhKarantina
#KarantinaPertanianKupang
#PelabuhanPenyeberanganFeriBolok
#ASDP