Semerbak Wangi Cendana Sumba Hingga ke Surabaya

Berita - 01 Nov 2021 | 15:20:08 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Semerbak Wangi Cendana Sumba Hingga ke Surabaya

Waingapu - Kayu cendana atau sering disebut Sandalwood  merupakan kayu dengan banyak manfaat. Dari bahan baku kerajinan tangan, bahan obat herbal hingga kecantikan. Meskipun bnyak peminatnya, keberadaan kayu cendana saat ini sudah sangat terbatas loh SobatQ.. 

Untuk bisa melalulintaskan kayu cendana, kita harus memiliki ijin dari Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Jadi tidak bisa sembarangan ya ...

Hari ini (4/9), Pejabat Karantina Pertanian Kupang wilayah kerja (Wilker) Waingapu lakukan pemeriksaan fisik terhadap 8 ton kayu cendana tujuan Surabaya. Sayendra memastikan jenis dan jumlah komoditas sesuai dengan yang dilaporkan oleh pemiliknya. Kayu cendana ini rencananya akan diberangkatkan besok menggunakan KM. Egon dari Pelabuhan Laut Waingapu.

Setelah dinyatakan sesuai dan layak diberangkatkan, Pejabat Karantina wilker Waingapu segera menerbitkkan sertifikat kesehatan tumbuhan antar area (KT-12). KT-12 dan Ijin dari LHK ini yang akan menyertai kayu cendana selama diperjalanan menuju Surabaya.

Bagaimana SobatQ, tidak sulit kan lapor karantina itu ...

#LaporKarantina
#KarantinaPertanianKupang