Siaga PMK, Karantina Pertanian Kupang Telusuri Kapal asal Surabaya

Berita - 12 Des 2022 | 09:01:59 WITA

Diposting Oleh : Syahidah Ulya


Siaga PMK, Karantina Pertanian Kupang Telusuri Kapal asal Surabaya

Waingapu (12/12) Pejabat Karantina Pertanian Kupang wilayah kerja Waingapu melakukan pemeriksaan kapal Kalimas 1 asal Surabaya. Pemeriksaan dilakukan bersama Instansi KSOP Waingapu dan KP3 POLRI Waingapu. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mencegah masuknya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) ke wilayah NTT.

Pejabat Karantina yang bertugas langsung turun untuk memeriksa disetiap sudut kapal. Setelah diperiksa menyeluruh, tidak ditemukan media pembawa yang berasal dari hewan rentan PMK ataupun komoditas lain. 

Wayan Rudi, selaku Penanggung Jawab Wilayah Kerja Waingapu mengungkapkan "Karantina Pertanian Kupang wilayah kerja Waingapu selalu melakukan pemeriksaan setiap komoditas yang masuk, terutama yang berasal dari daerah wabah PMK. Untuk kapal Kalimas 1 ini setelah kami periksa, tidak ditemukan adanya media pembawa PMK. Hanya ada beberapa olahan ikan yang digunakan untuk konsumsi petugas Kapal."

"Pengawasan disetiap alat angkut yang datang dilakukan guna memperketat komoditi yang masuk ke Provinsi NTT, khususnya Media Pembawa PMK. NTT harus zero PMK, dan pejabat wilayah kerja diharapkan selalu memperhatikan setiap alat angkut yang masuk," tegas Yulius Umbu Hunggar selaku Kepala Karantina Pertanian Kupang.

#SiagaPMK
#LaporKarantina
#KarantinaPertanianKupang