Tetap Siaga Dihari Libur, Karantina Pertanian Kupang Pastikan Kesehatan yang Dilalulintaskan

Berita - 01 Mar 2022 | 15:56:28 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Tetap Siaga Dihari Libur, Karantina Pertanian Kupang Pastikan Kesehatan yang Dilalulintaskan
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Wini, (28/02) Pejabat Karantina Pertanian Kupang melakukan tindakan pengawasan lalulintas media pembawa berupa sapi potong sebanyak 77 ekor yang akan diberangkatkan menggunakan KM. Camara Nusantara menuju Samarinda melalui Pelabuhan Laut Wini.

Tidak diragukan lagi, bahwa Nusa Tenggara Timur (NTT) dijuluki sebagai lumbung ternak nasional, hal ini dapat dilihat dari ketersediaan ternak sepanjang tahun dan terpenuhinya permintaan sapi potong dari berbagai daerah di Indonesia. Salah satu daerah yang menerima suplai sapi potong dari NTT adalah Samarinda.

Sebelum dikirim ke Samarinda, sapi potong tersebut sudah melalui tindakan karantina berupa pemeriksaan fisik dan pengujian Rose Bengal Test (RBT) guna memastikan sapi bebas dari bakteri Brucella abortus, penyebab brucellosis yang menyebabkan keguguran pada ternak dan termasuk penyakit yang dapat menular ke manusia.

Setelah dipastikan negatif brucellosis, pejabat karantina pertanian menerbitkan sertifikat kesehatan hewan (KH-11) dan sapi potong siap berlayar untuk memenuhi kebutuhan protein masyarakat Samarinda.

#LaporKarantina
#KarantinaPertanianKupang