Tingkatkan Gratieks, Karantina Pertanian Bangun Konsolidasi di Batas Negara RI-RDTL

Berita - 20 Feb 2021 | 11:43:39 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Tingkatkan Gratieks, Karantina Pertanian Bangun Konsolidasi di Batas Negara RI-RDTL

 

SobatQ, seperti yang kita ketahui bahwa Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks) merupakan salah satu program Kementerian Pertanian dimana Badan Karantina Pertanian ditugaskan sebagai koordinator kegiatan tersebut.

 

Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain, merupakan salah satu pintu ekspor komoditas pertanian dengan negara tujuan Timor Leste dimana terdapat perangkat Custom, Imigration, Quarantine, dan Security (CIQS) di dalamnya.

 

Motaain (11/2), Heru selaku Subkoordinator Pengawasan dan Penindakan Karantina Pertanian Kupang bersama pejabat karantina lainnya kunjungi PLBN Motaain untuk konsolidasi dengan salah satu instansi terkait yaitu Bea Cukai mengenai kegiatan ekspor komoditas pertanian.

 

"Bertukar Informasi, bangun kerja sama dan saling mendukung sangatlah penting dijalin untuk terlaksananya kegiatan di lingkup perbatasan terutama ekspor komoditas pertanian", ungkap Heru.

 

Kegiatan ekspor hari ini didominasi oleh komoditas karantina tumbuhan yaitu jagung biji dan aneka kacang-kacangan (kacang tanah, kacang hijau, dan kacang merah) dengan total volume sebanyak 73,25 ton yang nilainya mencapai lebih dari setengah milyar.

 

"Kami dengan senang hati perkuat hubungan kerja sama ini dan senantiasa memberi dukungan ntuk kelancaran segala kegiatan di PLBN Motaain", ungkap Hendy selaku Kepala Hanggar Bea Cukai Motaain.

 

Dengan adanya konsolidasi ini diharapkan kedepannya hambatan-hambatan kegiatan ekspor bisa teratasi, sehingga dapat menambah volume dan frekuensi ekspor komoditas pertanian.

 

#Gratieks

#KarantinaPertanianKupang