Vanili Kering Alor NTT Berlabuh Sampai Eropa

Berita - 05 Mar 2021 | 14:12:23 WITA

Diposting Oleh : Muhammad Taufik Kamil


Vanili Kering Alor NTT Berlabuh Sampai Eropa
Konten ini diproduksi oleh Tim Humas Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Alor - Tahukah kalian bahwa di daerah Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT) terdapat komoditas pertanian yang telah diekspor ke Pasar Eropa. Tanaman apakah itu?

Ya, tanaman Vanili atau Vanilia planifofela ini memiliki buah yang menghasilkan bubuk vanili beraroma harum. Biasanya bubuk tersebut digunakan sebagai campuran pembuatan kue maupun aroma essential oil.

Tahukah SobatQ, Vanili asal Alor ini ternyata berhasil diekspor sampai ke Eropa, yaitu negara Jerman.

Berdasarkan data IQ-Fast Karantina Pertanian Kupang di Wilayah Kerja Alor, pengiriman vanili selama tahun 2020 tercatat 3.026 kg senilai 9 miliar rupiah telah diekspor ke negara Jerman melalui Surabaya. Dengan frekuensi pengiriman sebanyak dua kali yaitu pada bulan Maret dan Desember.

Muna selaku Pejabat Karantina di Wilker Alor menjelaskan, "Terdapat 2 kualitas vanili yang biasa dikirim untuk ekspor dari Alor yaitu Gourmet dan Extract."

Yulius Umbu selaku Kepala Karantina Pertanian Kupang menegaskan, "Komoditas pertanian di daerah NTT ini memiliki banyak potensi untuk ekspor, namun terkendala pada transportasi dimana tidak ada akses langsung untuk pengiriman ekspor."

"Kami akan terus berupaya mendorong untuk meningkatkan ekspor untuk mendukung program Badan Karantina Pertanian yaitu Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks)," tambahnya.

#Gratieks
#KarantinaPertanianKupang